Sangat Tidak Dewasa.


Jadi ceritanya beberapa malam yang lalu saya diminta milih-milihin video pendek di laptop buat projectnya #dewanesia (nggak usah penasaran, apalagi sampe kepoin IG segala). Eh, sebagaimana kita sortir koran lama berakhir bacain klipingnya, begitu juga kemarin nasib saya 😂. Bukannya beresin tugas malah senyamsenyum sendiri liat kelakuan Erna di masa muda *ehm.

Atuh video dari zaman culun-culunnya jadi mahasiswa, sampai nggak terasa waktu memakan habis usia. Seru aja nontonnya. Berasa liat liat adegan hidup yang diputar ulang. Gini mungkin ya gambarannya kalau kita dihisab di akhirat kemudian?

Dari tahun ke tahun, dari video ke video, semakin ditarik mundur waktu yang berlalu, semakin sadar bahwa ternyata saya banyaaaakk sekali nggak dewasanya.

Tuh tuh Er, pas zaman ini kamu egois banget.
Tuh tuh Er Er kamu pas kuliah juteknya luar biasa. Ngerasa nggak?
Kok kamu dulu gitu si, Er? Harusnya kan gini..
Dan seterusnya.

Padahal saat itu saya ngerasa lagi paling bijak-bijaknya, paling bener. Paling pinter. Paling bageur (re: baik).
Ternyata kalau dilihat dari perspektif waktu yang berbeda, kedewasaan paling dewasa pun, tetap nggak dewasa. Kebenaran paling benar pun, tetap tidak benar.

Begitu ajaibnya ternyata peran usia dalam mendewasakan kita. Hari ini saya merasa bijak dan benar, esok lusa, saya versi masa depan pun akan memandangnya tetap sama bahwa Erna sekarang tidak cukup dewasa.

Tapi ya itulah pentingnya refleksi diri ya. Mengevaluasi, mengintrospeksi, lalu berbenah lagi. Lagi lagi dan lagi. Sampai kapan? Sampai ajal tiba.

Tentang bab menohok "Erna jutek dan galak banget waktu kuliah", boleh percaya boleh tidak, kayanya saya nggak merasa gitu-gitu amat sih. Tapi setelah liat video-video kemarin itu saya baru sadar bahwa "nggak semua yang lo rasa, benar adanya 😂."

Temen-temen ada yang pernah merasakan dan mengalami hal serupa? :)

Comments

Sr014_Trisna said…
Galak&Jutek Percaya koq.. anak2 APD mah begitu semua. Cuma heran dlu kenapa katany dulu kak eR di Birena yg harus ramah dan lembut sama adek2. Haha penyeimbang ya Kak wkwk.. #peace ^_^v
eRna eRuna said…
Jadi di Birena itu Tris, ada ilmu khususnya buat pembina. Jurus seribu wajah namanya ;)

Popular posts from this blog

Hati-hati dengan (kriteria) Pria Turki !

Perempuan Indonesia di Mata Laki-laki Turki

Cari Jodoh Orang Turki?

Lelaki Turki

MashaAllah ala Turki vs Indonesia