#LPBCHI

-Lagi Pengen Banyak Cerita Hari Ini-




Nanti, kalau punya anak lelaki, saya akan ajarkan dia membantu pekerjaan rumah ibunya. Belajar mengenal tugas domestik yang biasa dilakukan perempuan. Biar apa? Biar minimal, dalam dirinya tumbuh sikap empati, mandiri, dan syukur2 murah tangan suka membantu. Biar apa lagi? Biar kalau besar nanti dia tahu  bagaimana cara memperlakukan dan menghargai perempuan. Bukan hanya ibunya tapi perempuan lain kelak di luar sana. Termasuk kamu, calon mantukuuu... πŸ˜‚ *Implenganmu Er.. Er.. jauh blass wess!

Baik laki2 ataupun perempuan, tidak akan ada anak manja atau dimanjakan di keluarga kami. Bertumbuh dewasa adalah hak setiap anak. Dan pakem pola pengasuhan menuju kesana ada pada peran orangtua. Bahagia dan melatih tidak manja, bisa koheren kok dua-duanya. Yang penting pinter2 orangtua ngatur strateginya bagaimana.

Banyak2 baca siroh dan sejarah tokoh islam lah udah. Referensi terbaik pengasuhan anak-anak kamu, Er, ada di sana. Tapi tetep ya, faidza azzamta fatawakkal 'alallah.

___

Kalau kesal, meledak mau marah, hela napas panjang sampe habis napasnya. Lalu hembuskan, niscaya ketahan marahnya
Malah kalau bisa, bawa becanda aja. Ini agak susah sih. Hh. Ujungnya? mesti ketawa sambil nangis πŸ˜‚.

Pernah suatu hari saya kesel banget sama ulah si bungsu. Lupa karena apa, pokoknya sebeeel banget. Terus si bapak tiba-tiba datang nanya sesuatu. Karena lagi sebel, saya cuma bilang "Nggak tau, gimana bapak aja. Teteh lagi kesel ih!. Huhuhuhu..  sambil nyuci sambil nangis. Beres nyuci, beres juga nangisnya πŸ˜‚πŸ˜ͺ. 

Setelah selesai baru mikir, tadi nangis kenapa ya? Hh. Perempuan mah suka gitu. Yang penting lega aja dulu. 
___

Temen curhat tentang ibunya begini begitu tentang kemelut di RTnya. Saya gabisa apa2. Dengerin aja. Dielusin aja. Sabarin. Semangatin. Kadang saya ceritain 1-2 susahnya saya juga. Haha padahal gaboleh ya umbar2 cerita susah. Darurot ini mah. Biar jadi tadzkiroh bahwa kita.. sama2 susah (?) πŸ˜‚

Enggak, biar dia merasa ada temennya. Bahwa yang diuji hidupnya bukan dia aja. Dia, saya, nggak sendiri. 
Iya, sama, termasuk kamu juga. 

Tapi tapi tapi.. tau nggak? Saya kalau habis denger curhatan orang besok lusanya suka kayak nyesel sendiri gitu. Nyeselnya kenapa? Ya seandainya bisa putar ulang waktu, alih2 bilang "sabar", "jalanin aja" & "semangat" doang, saya pengen bilang
"suatu hari nanti kamu akan berterima kasih pada mereka yang telah menyakitimu hari ini."
*Berat beut

Loh kok gitu? Masa orang bikin kesel malah diterimakasihi. Ogah!

Well..

Nggak semua hal harus kamu pahami hari ini. Esok lusa kamu akan mengerti :).

___

Udah lama nggak keluar2 Bandung. Sengaja ambil cuti buat liburan padahal. Ternyata orang yang hobinya ngandang emang nggak ahli liburan πŸ˜‚. Sebenernya pengen banget jalan2 ke luar kota. Alternatifnya kalau enggak Jakarta, Bogor, ya..  Jogja.

Ke Jakarta, karena banyak temen dan alumni Turki yang bisa disilaturahim in di sana. Siapa tahu akhir taun ada kajian di Istiklal juga (?)

Ke Bogor, karena dari taun lalu sering diteror sama buibu pakbapak dosen suruh main. Atau kalau nggak ditodong para mamah shalihah suruh sowan 🀐. 

Pengennya banget ke bogor itu kangen ke Alhurr nya sebenernya!
Tapi kalau inget hujan begini suka banyak makhluk melata yang bikin saya jingkrak2 ngeri nggak karuan.. kayanya batal aja πŸ˜ΆπŸ‘‰πŸ‘ˆ

Ke Jogjakarta karena..... Seumur saya napak di bumi ini, sama sekali belum pernah kesana! πŸ˜‚πŸ™
What? Plis, Er?! Hari gini belum pernah ke Jogja, selama ini kemana aja?

Cina,
Turki,
Taiwan,
Korea. *Krik

Maafkan saya pemirsa. Harap maklum aja. Dulu pas zamannya kuliah terus temen2 sekelas saya pada trip industri ke Bali Jawa dan sekitarnya termasuk Jogja, saya sibuk ngintil anak Tekpang buat ikut seminar ke Taiwan. Jadi we..

Jujurly, eta paspor cap disana sini tapi terbang dalam kawasan negara Indonesia aja (domestic flight maksudnya) belum pernah! Sedih banget nggak sih?

Apa?

Haha. Iya saya lebay. Biasa aja sih. Tiap orang kan punya track hidupnya masing2 ya? *Pukpukdirisendiri

Lagi ngapain juga terbang2 di angkasa kalau nggak punya alasan buat terbang, kan? *Ini pembelaan diri.

Tapi kata temen kantor yang kebetulan orang sana, jelang tahun baru begini biasanya Jogja puadat bin merayap. Bikin cape di jalan dan nggak enjoy katanya. So, ya... Oke. Ini juga batalkan saja. 

Nanti lah ya, kalau ada rezekinya, ada alasan kuatnya, ada travel mate nya, ada momentnya, kita jalan ke Jogja, nak. Sabar sabar.. 🀭.

Btw emang Erna mau ngapain ke Jogja, Er? Liburan kan nggak harus jauh2 kesana kali. Bandung juga segala ada.

Hm.. iya sih πŸ‘‰πŸ‘ˆ

Tapi penasaran aja. Pengen liat Malioboro kayak gimana aslinya. Pengen numpang shalat dan ikut kajian di Jogokarian yang menurut syiar sosmednya masjid superduper keren dan penuh kenyamanan. Sama pengen silaturahim ke rumah bapaknya temen waktu di Ankara. Mudah2an masih keumuran ketemu sama beliau. Aamiin.

Yah banyak sih alasan kalau mau dicari mah.
Tapi kalau bingung begini urusannya, alamat liburan bakal cuma jalan ke CFD seputaran Bandung aja. Haha. *Ngenes.

.
.

Sekian dulu curcol random hari ini. 
Udah jelang 2020 nih! 
Besok kita cerita2 lagi ya :).



Salam hangat dari saya,
Pengamat kehidupan.

Comments

Popular posts from this blog

Hati-hati dengan (kriteria) Pria Turki !

Perempuan Indonesia di Mata Laki-laki Turki

Cari Jodoh Orang Turki?

Lelaki Turki

MashaAllah ala Turki vs Indonesia