PPI Izmir, Bizim Yeni Ailemiz




Berhijrahlah, niscaya akan kau temukan pengganti saudara dan kawan.. 

Rupanya, benarlah apa yang dikatakan oleh Imam Hasan Al Banna Rahimahullah (semoga Allah melimpahkan kemuliaan baginya) ini.  

Sepintar apapun manusia, menuntut ilmu tetap saja bukan perkara yang mudah dilakukan. Terlebih lagi jika kita harus menjalaninya di tempat yang jauh dari sanak saudara, di Turki misalnya. Berbeda tanah air tentu berbeda pula kondisi lainnya. Banyak hambatan yang mau tidak mau harus coba dihadapi. Berbeda bahasa, beda budaya, beda kebiasaan dan sikap, beda makanan, beda cuaca, dan lain sebagainya. 

Sungguh tak terbayangkan bagaimana sulitnya belajar di Tanah Utsmani ini. Untunglah ada saudara kami dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Izmir yang senantiasa bersedia mendampingi dan membantu kami selama beradaptasi di Izmir. Entahlah apakah semua PPI di setiap region kota Turki melakukan pendampingan yang sama seperti yang dilakukan PPI Izmir atau tidak. Tetapi yang jelas kami merasakan bahwa peran PPI Izmir benar-benar sangat besar bagi kami. Jika teman-teman ini diibaratkan kaum Muhajirin, maka kami adalah kaum Anshar yang siap membantu teman-teman.. Begitu sambut Irit, ketua PPI Izmir saat pembukaan acara Gathering Mahasiswa Baru Izmir di Buca Gölet suatu hari.

Tidak berlebihan, tidak melebih-lebihkan, dan memang begitu adanya. PPI Izmir telah banyak membantu kami (mahasiswa baru-red) bahkan sejak persiapan keberangkatan dari Indonesia. Mulai dari check and re-check kesiapan tiket, kelengkapan dokumen, absensi YTB grantee, sharing info universitas, asrama, translate dokumen, penjemputan di bandara, pendaftaran vergi, registrasi HP, TOMER, universitas, yurt, dan masih banyak lagi

Penjemputan mahasiswa baru--@ Adnan Menderes


Rapat rencana kerja--@e-cafe EU


 Menanti kabar translate dokumen--@ e-cafe EU


    
Welcoming tea--@ Teras Cafe, Bornova

Sungguh tidak ada ucapan terbaik yang bisa kami berikan saat ini selain Çok teşekkür ederim PPI Izmir. Terima kasih atas segala pengorbanan, pemberian, dan pendampingan kepada kami selama ini. Terima kasih Allah karena Engkau telah menitipkan kami pada saudara-saudara yang baik.

Truly, you are the best PPI ever ! --PPI Izmir (RR)



Kata Mereka

Four thumbs up! Mungkin ini yang ingin saya sampaikan bila ditanya soal PPI izmir. Bagaimana tidak, di saat banyak mahasiswa asing yang kebingungan bagaimana cara memulai aktifitas pertamanya di izmir, namun kita malah asyik tertawa ria bersama rekan-rekan Indonesia  seakan-akan tidak memiliki masalah sedikit pun dan seakan-akan sudah kenal persis kota yang terletak di daratan Eropa timur ini. Bahkan pada pekan pertama, di saat mahasiswa dari negara lain dipusingkan dengan pendaftaran kampus, bahasa, translate dokumen dan urusan administratif lainnya, kita justru sibuk menentukan wisata apa yang akan dikunjungi selanjutnya. Kita justru sempat mengunjungi objek wisata Ephesus yang konon katanya local people saja masih banyak yang belum pernah liburan ke sana. Kok bisa ya! Apa rahasianya? Jawabannya, so pasti karena kebaikan rekan-rekan PPI izmir yang semuanya cekatan, sabar dan cakep dalam membantu kita mulai dari penjemputan hingga pengurusan lainnya dan bahkan dalam hal-hal yang kecil sekalipun (teringat kisah  …..wear 3TL he he!). Sekarang kita sudah mulai berani untuk mandiri, ibarat burung merpati yang sudah Pede terbang tinggi meski dalam usia dini. Tesekkurler PPI izmir! (Agustin Zakarni/ EU)

Assalmu'alaikum warahmatullahi wabarakatu, Pertama-tama saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada teman2 PPI Izmir yang telah bersusah payah menjemput kami dari bandara, menemani dan membantu kami mulai dari mendaftar HP di Vergi Dairesi sampai İkamet di Emniyet. Mungkin saya adalah orang yang paling telat tahu tentang PPI Izmir, sudah ketinggalan banyak informasi dibandingkan teman-teman yang lain, namun hal tersebut tidak menjadi kendala berarti, karena teman-teman PPI Izmir yang solid dan banyak membantu. Saya merasa seperti menemukan keluarga baru di sini. Jumlah mahasiswa Indonesia yang relatif banyak di Izmir membuat saya merasa tidak sedang berada di luar negeri. Jadi tidak terlalu merasakan homesick. Sukses selalu untuk teman-teman semua yang di Izmir. 
Regards, 
(Nera/ DEU)

Kesanku pas disambut PPI Izmir, aku seperti ditolong di tengah hutan belantara dimana ku ndak tau harus kemana dan ndak bisa ngomong dengan orang pribumisehingga harus pakai bahasa tarzan pas mau ngomong.Tesyekurler buat PPI Izmir (Iqbal/ DEU)

Salut dengan kakak-kakak PPI yang memberikan waktu dan tenaganya selama hari-hari awal saya di Izmir, terima kasih atas kebaikannya. Tahun depan jika ada mahasiswa baru yang akan datang ke Izmir saya siap untuk memberikan bantuan seperti apa yang telah diberikan oleh kakak-kakak PPI Izmir kepada saya. Dan saya berusaha menjadi lebih baik insyaAllah (Emen/ EU)

Makacihhhhhh cemuanyaaaaa teman-teman PPI Izmir atas bantuan dan dukungannya selama ini. Tararengkyuuuuuu yachhhh (Nur Cholis/ DEU)
Sizi seviyoruuuuzz.. PPI Izmir !!. Kalian adalah PPI yang paling cetar membahana yang pernah ada (*ketularan NC). Mari bersaudara, saling mengingatkan, dan saling membantu ya.. karena kita "We belong together"..  =D (eRna/ EU)






 
Post a Comment

Popular posts from this blog

Perempuan Indonesia di Mata Laki-laki Turki

Hati-hati dengan (kriteria) Pria Turki !

Cari Jodoh Orang Turki?

Pernikahan ala Turki

Satu Kata Tentang Orang Turki: 'tukang maksa!'