Posts

Showing posts from March, 2017

Rasanya itu $%*&^%%#!

Image
Antalya, 20.03.17

"Excuse me !" sapa sebuah suara. Saya yakin banget kalau lelaki gundul berkaca mata hitam itu menunjuk saya. Bersetel kaos oblong hitam dengan celana selulut berwarna senada, perut menonjol keluar, gaya perlente. Setipe-tipe turis yang sering berlalu lalang di zona wisata Turki. Di sebelahnya, seorang perempuan agak muda dengan dress gelap pendek bergelayut manja. Sesekali tertawa menampakkan gigi putihnya yang, harus saya akui sangat rapi. Tetapi bukan di situ letak masalahnya.

Saya masih termangu di tempat ketika si lelaki maju beberapa langkah dan menyerahkan hapenya.

"Take photo? Okey?" mengisyaratkan tiga jari di udara.

"Ah, oh, emh.." gelagap saya bingung sembari menerima iPhone yang layarnya tampak masih mengkilap. Dikira turis Eropa, orang lokal toh. Kirain tadi mau tanya arah lokasi wisata apa gitu, ternyata minta foto. Nasib melancong dan terpisah dari rombongan ya begini nih; disasar jadi tukang foto dadakan. Saya pikir ya …

Pernikahan ala Turki

Image
"Kebanyakan anak perempuan di Turki dimanjakan oleh orangtua mereka. Mungkin karena alasan inilah kebanyakan gadis Turki usia sekolah yang saya temui terlihat kurang mandiri dan kurang dewasa dibandingkan perempuan Indonesia pada usia yang sama. Segala sesuatunya masih sangat tergantung orangtua mereka meskipun secara fisik terlihat lebih besar. Akan tetapi wanita Turki yang sudah dewasa dan siap menikah biasanya lebih mandiri dan rajin, sigap serta lebih peka soal urusan rumah. Maklum, biasanya ini merupakan pertimbangan penting bagi calon mertua di Turki yang hendak mencarikan calon isteri untuk anak laki-lakinya.."

 "75% perempuan Turki akan bersedia menikah dengan lelaki Indonesia jika fisik dan karakter yang diinginkannya memang ada di dalam lelaki Indonesia.."

Tuh, secuil cuplikan khusus buat kamu, lelaki yang berminat menikahi perempuan Turki bermata jeli. Jadi, kapan mau datang melamar :D?
*
"Apabila pernikahan dilakukan beda bangsa, lain lagi persyarat…

Hitam Putih Beasiswa Turki: I called it 'MEDICINE'

Image
"Jadi, Er, dengan segala sisi gelapnya, kamu nyesel nggak kuliah di Turki?"

E N G G A K πŸ˜†πŸ˜ŠπŸ˜‡ . . .

Coba deh beasiswa mana yang nggak ada cerita hitamnya? I bet you'll have to deal with it too, the darkness! Iya kan? Apapun! Coba kamu yang merasa dapat beasiswa paling keren di dunia, berani nggak nulis hitam putih kaya gini? *becanda, wkwkwk.
Pepatah bilang, manisnya madu nggak akan kerasa tanpa pahitnya racun. Tidak akan berguna vaksin tanpa virus. Begitu pun dengan segala perkara hidup kita di dunia ini, termasuk urusan perbeasiswaan. Hitam putih, gelap terang, baik buruk adalah suatu keniscayaan. Pertanyaan intinya adalah, what are the best ways to overcome those problems?

Mungkin ada diantara sebagian penerima beasiswa TB ada yang nyesel setengah mati udah kuliah di sini. Tapi,