Posts

Showing posts from July, 2016

1st GIVEAWAY: Satpam Cinderella

Malam itu adalah satu diantara sekian hari di musim panas aku terlambat pulang ke asrama. Pukul sebelas lewat sekian menit, entah berapa pastinya. Jangankan mahasiswa, anjing coklat yang biasa berkeliling kampus pun tak nampak batang ekornya. Sepi sekali. Selain dua orang güvenlik (satpam) yang berjaga di gerbang stasiun metro (subway), selebihnya tidak ada tanda-tanda kehidupan.

Dari arah belakang terdengar suara langkah terburu. Syukurlah masih ada kawan, pikirku lega. Selang beberapa saat sepasang kaki jenjang ber-high heels telah berada di depan. Berjarak hanya sekitar tiga meter dari tempatku berdiri. Gaun bermotif bunga pink dan kuning sebatas lutut, rambut pirang tersanggul rapi, serta tas mungil tergenggam di lengan kiri. Siapapun yang melihat pastilah akan mengira ia Cinderella yang tersesat.

Tak tak tak tak tak..

Sebelum terpisah jauh dengan si gadis, kupaksa kaki ini melangkah lebih cepat. Ngeri juga kalau sampai tertinggal sendirian.

Anehnya, beberapa saat berselang, ali…

Kudeta Turki: Ulah siapa?

Image
Udara malam yang panas mencekam, kelelahan setelah seharian berjalan, suara-suara keras dari mesjid yang tak kunjung reda. Ada yang meninggal kah? Antara tidur dan nggak tidur. Kuraih telepon genggam Mb Wik di ujung kasur. Masih jam 2 pagi. Tapi tidak biasanya mesjid 'seribut' ini.

Baru aja mau melanjutkan istirahat, tiba-tiba

Klik! Terdengar suara stop kontak pertanda lampu dinyalakan. Menengahi lantunan doa bak takbir malam lebaran masih berkumandang dari toa mesjid terdekat.

"Na, Erna, bangun Na! Ada kudeta. Erdogan dikudeta sama militer!"

Saya terduduk seketika. Perlu waktu beberapa detik untuk mencerna perkataan yang bagai bom di pagi buta itu.

Erdogan? Kudeta? Militer?

Kok bisa?
Nggak ada angin nggak ada hujan. Setahu saya kondisi Turki beberapa waktu terakhir cukup baik-baik saja. Tidak ada alasan untuk terjadinya kudeta. Kecuali kalau saya kurang update sama berita.

Ratusan chat personal maupun grup telah memenuhi akun Whatsaap.

'Erna, kamu baik-baik aja…

Fruit of the Year: Şeftalı

Image
Selamat datang musim panas! :D, meski kehadiranmu tak selalu menyenangkan. Hihi.

2016 adalah kali kedua saya menghabiskan liburan summer di Turki. Dengan segala kepenatannya, debu plus angin panasnya, homesick-nya dan kali ini ditambah dengan rutinitas tesisnya. Benar-benar perjalanan hidup yang tidak gampang. Huff! Kalau udah begini bawaannya inget rumah aja. "Mamah.. Oh Mamah.. Aku ingin pulang~" Lebay !

Stop dulu bapernya, Er. Tunda sampe akhir taun xD.

Kembali ke topik musim panas, doi ini sejatinya merupakan musim yang paling nggak saya sukai. Kecuali untuk satu hal; buah-buahannya. Hehe. Gimana enggak? Setiap jalan ke pasar (biasa emak-emak mah mainannya pasar) itu buah rangkaian musim panas ngantri rapiii banget di meja-meja. Segar, warna-warni dan enak dilihat. Harganya murah pula! Untuk sekilo anggur hijau tanpa biji misalnya bisa hanya dihargai 1,5 TL alias 15K IDR. Nah kan! Jangan ngiler ya Buibu hamil Indonesia, hihi.

Di Indo harga anggur item bijian aja udah …

Lailatul Qadar Penuh Kejutan

"Bu NN, kayanya tadi malam Lailatul Qadar deh."
Serengeh saya sembari membuka pintu balkon dapur. Pukul 11 waktu Turki, kesejukan embun tadi shubuh masih awet terasa.

"Eh iya nih, Na. Barusan banget saya bilang gitu juga ke Bu YJ. Adem ya dari pagi." Tukas bu NN semangat yang kusambut dengan anggukan setuju.

"Matahari bersinar tapi tidak terik," timpal Bu YJ mengamini dari balik pintu.

*

Takdir Allah, selalu saja indah dengan segala skenarioNya.

Ini adalah hari ketiga sejak kedatanganku ke Sakarya untuk program i'tikaf ramadhan 1437H. Jangan tanya, tentu saja di Turki tidak ada budaya i'tikaf untuk perempuan. Tapi dengan berkat kelihaian dan lobi (biidznillah tentunya =P) perkumpulan pelajar Indonesia di kota tetangga Istanbul ini, akses i'tikaf bisa terwujud. Meski memang aksesny masih terbatas bagi kaum hawa. Kami hanya diizinkan berada di mesjid antara rentang waktu bada subuh hingga tarawih usai. Not bad. Segini juga Alhamdulillah :). Se…