Posts

Showing posts from March, 2016

Alasan Kenapa Kamu Nggak Perlu Takut Bepergian di Turki

Image
Temen: "Er, udah pernah berkunjung ke kota mana aja di Turki?"
Saya: "Mmh... banyak. Aku sebutin yang belum dikunjungi aja ya." #minta ditiban pintu kulkas.

--


Di awal kedatangan ke Turki, sejujurnya saya nggak pernah sih menyengajakan diri ataupun berobsesi untuk 'menjelajahi seisi Turki'. Kenal betul-betul negara tidak berunta ini saja setelah jleg sampe sini, gimana mau merencanakan wara-wiri kesana kemari? Mana orangnya introvert, nggak bisa pergi sendiri (ini tipe introvert yang diragukan), liat anjing langsung parno, ketemu orang Turki langsung ngumpet, mantengin GPS langsung migren, disuruh baca peta gelagapan, ah.. mustahil bin mustahil lah pokoknya. Dah, ngendok aja di Izmir.

Nah tapi ajaibnya, ketika saya memulai perjalanan lintas kota untuk pertama kalinya--Konya adalah kota selain Izmir pertama yang saya kunjungi waktu itu--eh kok lama-lama jadi nagih ya? Pasalnya, berseyahat alias bepergian di Turki ternyata semudah mengedipkan mata! Sistem …

Nike Ardilla, Sosok Maestro 21 Tahun Silam

Image
Ceritanya lagi ngaso bikin proposal tesis. Entah gimana ceritanya, dari facebook tiba-tiba nyasar ke youtube dan nemu lah satu playlist berjudul 'Best Collection of..'

Scroll down..
Dari sederet nama penyanyi papan atas yang mejeng di layar, saya klik lah satu nama yang sepertinya pernah ada di relung memori masa lalu

Dunia ini panggung sandiwara, ceritanya mudah berubah. Kisah mahabrata atau tragedi dari Yunani. Setiap kita dapat satu perangai yang harus kita mainkan. Ada peran wajar dan ada peran berpura-pura. Mengapa kita bersandiwara? Mengapa kita bersandiwara? Dan ingatan itu pun muncul satu persatu.

Mempunyai seorang teman sepertimu, seumpama duri menikam hati.. 'Wiwiii.. leutikan radio teh ni tarik2 teuing!' [Wiwii.. kecilin radionya, kenceng amat!] teriak Wa Enung dari dapur, meski masih kalah kencang dari lengkingan kaset Nike yang diputar gadis bungsunya. Adalah Wiwi, kakak sepupu sekaligus tetangga depan rumah yang nge-fans banget sama Nike Ardilla. Kaset-kasetny…

Tangkai Merindu

Image
Ada yang berbeda dengan KIPA--salah satu market di area kampus--hari ini.

"Kadınlar günümüz kutlu olsun..!" [Selamat hari perempuan] seru penjaga kasir ketika saya menyerahkan selembar uang dua puluh tele-an. Diraihnya setangkai bunga berwarna merah dari sebundel plastik putih di meja.

"Eh? Tesekkur ederim. Size de kadınlar gününüz kutlu olsun.." [Terima kasih. Selamat merayakan juga untuk anda] sahut saya, heran sekaligus takjub dengan servis yang mendadak tidak biasa.    

Tak jauh dari tempat saya berdiri, seorang nenek tampak sibuk dengan kantong plastik yang menyembulkan mahkota bunga. Begitu pun dengan tiga gadis yang tadi berpapasan di pintu gerbang masuk. Ada apa dengan Kipa hari ini? Semua pelanggan wanita dapat bunga, loh.. Sebegitu spesial kah hari perempuan di Turki?  


Ssstt.. Ini bentuk tanda cinta, Er. Bisik sebuah suara di bawah sana. Kuulas sebaris senyum, menatap sekali lagi merah merona itu sebelum menyelipkannya ke dalam plastik. 

Andai cinta bis…