Posts

Showing posts from February, 2016

Awas, Jangan Terburu-buru Daftar Beasiswa !

Ada yang berminat apply scholarship?
Santai aja lah ya, kecuali deadline udah di atas ubun-ubun xD. 

Berhubung pembukaan beasiswa itu umumnya memiliki selang waktu yang cukup panjang, saran saya hindarilah ketergesaan. Lebih baik manfaatkan waktu yang ada untuk mempersiapkan segala sesuatu sebaik-baiknya. Jangan sampai nanti menyesal ketika dokumen sudah diunggah, ternyata masih banyak kesalahan dan kekurangan. 

Seperti beasiswa YTB misalnya. Dia ini termasuk salah satu beasiswa unik yang hanya mensyaratkan aplikasi online alias bermodalkan formulir elektronik. 

Pendaftarannya bersifat irreversible-hallah-. Artinya sekali upload, atau sekali sebuah tahap selesai diisi, maka kamu akan sulit untuk mengubahnya kembali. Kecuali mau coba lagi dari awal. Tetapi aturan YTB cukup ketat juga sih mengingat setiap pendaftar hanya boleh memiliki dan membuat satu akun saja. Berani macam-macam dengan akun palsu? Hmm, siap-siap aja di-kick dari list! -serem-

Dulu, pas zaman saya daftar di batch 2013 -uda…

Berkurang tapi Bertambah

Di dunia ini ada hal-hal yang hukumnya bersifat paradoks, berkebalikan. Seperti negatif tapi positif. Tampak merugi padahal hakikatnya untung. Seolah berkurang tapi justru ia bertambah bahkan berlebih-lebih. Apa itu? Traveling, Silaturrahim dan Wakaf.

Berkurang itu dalam perspektif duniawi, dari segi materi. Tapi dari segi kebahagiaan, kepuasan hati, banyaknya pengalaman, keterpenuhan batin.. semuanya sungguh sangat tidak tergantikan. Jauh

Nggak percaya? Coba deh yuk simak uraiannya.

1. Traveling
The only thing that spend your money but makes you even richer is traveling..
Pernah nggak liburan ke satu tempat yang menguras habis semua budget kamu kemana-mana. contoh paling kecil, backpacker deh. Uang morat-marit. Tidur semeremnya. Makan seadanya. Nggak mandi menyisakan badan selengket dan sebau-baunya. Istirahat seminimnya. Jalan terus sampe badan lunglai seremuk-remuknya. Tapi kok masih bisa senyum sumringah di foto?

Oke, mungkin kita sempat menyesal saat itu. Keluar banyak uang, le…

Harta Karun Hijau di Tanah Rantau

Image
Clungg! Ptakk!
Satu dua benda berwarna hijau jatuh beriring, ke kolam air mancur dan lantai papan tepat di samping kursi yang saya duduki. Fyuuh.. Untung nggak kena kepala. Bentuknya hampir mirip seperti lope, Guys.. 
Ada yang bisa nebak buah apa ini?



Karena dari jauh buahnya tampak tidak menarik--berkulit keras, ijonya buluk, liuknya aneh-- saya biarkan saya mereka tergeletak seadanya. Penasaran sih sebenernya, tapi mau ambil juga tengsin karena banyak penduduk lokal yang lalu lalang. Akhirnya, berdamai saja dengan situasi. Paling juga buah-buahan penghias pohon yang rasanya pahit, gumam saya. 
Berselang beberapa menit, seorang ibu lewat dengan terburu-buru. Sejurus kemudian, tanpa segan ia membungkuk dan tangannya sibuk memungut si hijau yang tadi sempat membuat saya penasaran. Beberapa buah kelihatan masih bagus sementara lainnya terlihat telah terbelah di bagian kulit akibat benturan dengan papan.      
Sambil berlalu, diendusnya buah itu dan hey.. dia gigit saudara-saudara! Say…