Sanliurfa, The Land of Prophets


Salam Bolang teman-teman ;) !

Kali ini saya akan berbagi sedikit cerita tentang perjalanan ke Sanliurfa. Yup! Ini kisah lanjutan dari jelajah tiga perempat wilayah Turki musim dingin yang lalu. Bagian pertama bisa dibaca disini.


Peta wilayah Turki

Şanlıurfa. Layaknya Surabaya yang disusun dari dua kata, Suro (hiu sura) dan Boyo (buaya), Sanliurfa juga demikian. Berasal dari gabungan kata Şanlı dan Urfa. Sebenarnya, dulu sekali sebelum tahun 1984, kota ini hanya bernama Urfa. Akan tetapi, berkat keberhasilan penduduk mengusir penjajah Prancis pada perang kemerdekaan, maka gelar Şanlı (yang berarti 'gemilang') disematkan di depannya. Meski terbilang lama, namun sampai sekarang orang-orang Turki masih suka menyebut kota mulia ini dengan 'Urfa' saja. Nah, jadi kalau suatu hari berkesempatan wisata kesini, gak usah bingung ya, Sob. Şanlıurfa dan Urfa, sama aja.

Untuk pengetahuan, di Turki ini ada tiga kota yang mendapat gelar kehormatan atas prestasi heroiknya di masa lalu loh. Apa aja? (Şanlı)Urfa, (Kahraman)Maras dan (Gazi)Antep.

Kembali ke topik. Jadi, apa hubungannya Şanlıurfa dengan nabi dan rasul?
Terlepas dari kenyataan bahwa orang Turki 'hobi' mengklaim sesuatu, konon Urfa menjadi saksi bisu hidupnya beberapa rasul disana sebut saja nabi Adam, Nuh, Ibrahim dan Ayyub. Masih ingat dong kisah Ibrahim saat hendak dibakar hidup-hidup karena menghancurkan berhala sembahan ayahnya? Nah, katanya, bukit tempat pembakaran Ibrahim muda ada di Urfa ini. Menjulang tinggi tepat di samping kiri area kompleks mesjid Hasan Pasa.

      
Cek buku #SerbaSerbiTurki untuk cerita lengkapnya ya, Kak ;)

termasuk di dalamnya jelajah:
- Istanbul
-Izmir
-Kapadokya
-Konya (extended version)
-Trabzon
-Gaziantep




 
Post a Comment

Popular posts from this blog

Perempuan Indonesia di Mata Laki-laki Turki

Hati-hati dengan (kriteria) Pria Turki !

Cari Jodoh Orang Turki?

Pernikahan ala Turki

Satu Kata Tentang Orang Turki: 'tukang maksa!'