Turlish (Turkce-English)



Belajar bahasa asing itu, enak gak enak ternyata. Enaknya, kita belajar bahasa baru. Keseruan baru. Pengalaman baru. Dan tentunya ilmu baru *ihir..

Gak enaknya, makin hari (tanpa disadari) cara ngomong kita ternyata jadi makin gak karuan. Kamu yang kuliah di luar dan belajar bahasa selain Inggris, ngerasa juga gak sih? [NyariKawan.com]
Bahasa Indonesia enggak. Bahasa Inggris berantakan. Bahasa Turki apalagi ! Hadeuuuh. Entahlah apakah hanya saya yang merasakan anomali bahasa ini atau kalian juga. Yang jelas, teman-teman di kelas TOMERku mengalami hal yang sama. Turki enggan, Inggris pun tak jelas. Jadilah lahir bahasa baru yang tak pernah diundang kehadirannya -- Turlish alias Turkce-English *fyuuh..

Esra Hoca: "Bu konuyu tamam mi cocuklar? (topik ini sudah ok ya anak-anak?)" Tanyanya PD seraya bersiap-siap menghapus tulisan mungil kecil 'nan lucu' yang baru selesai ia jelaskan.
Andres: "Eeeh..." keluh Andres dengan dialek Spanyol yang kental. "No, no, I not tamam (enggak, enggak, saya gak ok)". Jawaban polos yang membuat seisi kelas terkekeh geli, termasuk Esra Hoca.

atau

Maz: "Erna, tissue var mi? (Erna, ada tisu gak?)" tanya Maz suatu pagi. Ya, satu hal yang terkadang membuatku dan Maz urung ke toilet-- gak ada (baca: kehabisan) tisu. Toilet disusurinya satu per satu demi selembar tisu.
Saya: "Yes, it's var orada (iya, itu ada disana) !" sahutku cepat seraya menunjuk segulung besar tisu di salah satu bilik toilet. Bahagia. Berasa dapet lotre XD.

atau

Ilyas: "Nasilsin Erna? fine misin? (Apa kabar Erna? baik?)" Suara khas India yang kental terdengar dari luar pintu kelas. 
Saya: "Hey Ilyas. yes, iyiyim. Tesekkurler. Sen nasilsin? (iya, baik. Trims. Kamu?)" jawabku singkat. 
Ilyas: "Ben de iyiyim. Thanks ederim (Saya juga. Trims)"
fine misin? Thanks ederim?
Sementara aku sibuk mengernyitkan dahi, Ilyas keluar kelas dengan polosnya. Menyisakan kebingungan di wajahku.


Bahasa apa lagi itu @.@??
Turkce.. oh Turkce..


Post a Comment

Popular posts from this blog

Perempuan Indonesia di Mata Laki-laki Turki

Hati-hati dengan (kriteria) Pria Turki !

Cari Jodoh Orang Turki?

Satu Kata Tentang Orang Turki: 'tukang maksa!'

Pernikahan ala Turki